Senin, 09 Januari 2012

EROPA antara Perang dunia I dan II

pada pasca perang dunia I terjadi perubahan-perubahan yang danga menarik mendasar di eropa yang meliputi bidang ekonomi, militer, sosial, politik di seluruh negara di eropa khusunya triple aliensi dan triple etnte.
untuk melihat situasi kondisi nata perang dunia I dan perang dunia II ada beberapa peristiwa yang perlu diketahui karena menyangkut perkembangan Eropa dahulu dan Eropa sekarang yaitu
REVOLUSI BOLSWIOK
disebut revousi Bolswiok, karena revoluis itu dilakukan oleh golongan atau keluarga Baloswiok. Bolswiok merupakan satu konsep, bukan nama kata ataupun tokoh. mengapa golongan Bolswiok??ketika paham sosialis berkembang di Eropa mulai abad XIX, maka kemudian diadakan kongres sosialis di Eropa yang diikuti oleh seluruh utusan kongres. dalam kongres di Jerman terjadi perepecahan di dalam kongres. kongres pecah menjadi dua yaitu : golongan sosialis radikal dan golongan sosialis moderat.
gerakan sosialis radikal
kesemua tujuananya ingin mengubah bentuk pemerintahan absolute yang membahayakan kelas bawah. karena konteka absolute itu identik dengan kapitalis. untuk mengubah absolute ke kapitalis ada yang berpendapat : harus menggunakan kekerasan dan senjata. artinya ditempuh denga revolusi berdarah. mereka inilah yang disebut komunis. dan mereka inilah golongan Bolswiok
gerakan sosialis moderat
golongan sosialis moderat menghendaki absolute kapitalis melalui cara-cara konstitusional, yaitu dengan cara menguasai parlemen (Duma), maka sosialis harus memperoleh dukungan mayoritas massa. sehingga parlemen dapat mengatur negara. perbedaan tak dapat disatukan (pecah) moderat disebut Menshe-visck.
kemudian paham sosialis yang berkembang di Rusia masih utuh, tetapi ketika Lenin pulang di Rusia ia mengadakan pembaharuan sosialis radikal (Bolswiok) dan di rusia pada awal abad XX sosialis radikal sudah tumbuh subur. karena mayoritas diduduki orang-orang Bolswiok, maka terjadilah revolusi.
Mengapa Terjadi Revolusi Bolswiok??
 revolusi ini terjadi karena kaisar-kaisar di Rusia sangat absolute, ekspanasionin, ailiteristis yang mengakibatkan kesengsaraan raktyat. kita lihat kaisar-kiasar yang memerintah di Rusia hanya ingin ekspanel kemana-mana, sehingga yang semula Rusia hanya sebuah dusun kecil menjadi imperium besar dan menjelma menjadi Uni Sovyet, karena jasa pimpinannya yang ambisius, militeristis dan ekapansionis.
Raja alxander I (1801-1825)
memrintah rusia sejak revolusi pernacis sampai konggrea-wino
Postwar Period in Germany
 
qPasca PD I Jerman merupakan negara yang menghadapi masalah yang sangat kompleks. Secara politis tersudut, secara ekonomi tidak dapat membangun kembali negaranya.
qMasalah ekonomi Jerman:
  1. Inflasi yang tinggi
  2. Hancurnya infrastruktur.
  3. Hilangnya sumber-sumber perekonomian
  4. Hutang luar negeri
qDi bidang politik muncul rasa tidak puas terhadap hasil konggres Vienna yang sangat merugikan dan merendah-kan martabat bangsa Jerman.
 
Perkembangan Republik  Weimar
 
qKarena tidak mampu membayar biaya perang seperti ketentuan kongres Vienna, maka pada Januari 1923 Perancis dan Belgia menganeksasi wilayah Ruhr, sebuah daerah industri di Jerman.
qGustav Stresemann dipilih menjadi chancellor dan membentuk kabinet baru dan berusaha menyelamatkan Ruhr dengan mengadakan perjanjian Locarno pada 1925.
qMendapat simpati dari Sekutu sehingga mendapat bantuan LN untuk mengadakan recovery ekonomi.
q1925 Paul von Hindenburg terpilih sebagai presiden kedua dan Heinrich Bruning sebagai chancellor (PM).
 The Rise of Hitler
 
qKemerosotan ekonomi dan turunnya kepercayaan terhadap Republik Weimar memberikan kesempatan kepada NAZI untuk melakukan kudeta pada tanggal 8 November 1923 yang dikenal dengan Beer Hall Putsch.
qKudeta berhasil digagalkan dan Hitler berhasil di-tangkap dan dipenjara selama kurang lebih 1 tahun.
qSetelah keluar dari penjara Hitler mulai mengadakan reorganisasi partai sehingga NAZI berhasil menjadi partai yang kuat.
qPada pemilihan umum tahun 1932 suara NAZI unggul dibanding partai lain sehingga presiden Hidenburg memilih Hitler sebagai chancellor.
 NAZI’s Regime
 
qSetelah menjadi chancellor, Hitler menempatkan anggota NAZI dalam jajaran birokrasi, kejaksaan dan pemerintahan daerah.
qMelakukan indoktrinasi ajaran nasionalisme-sosialis dengan mengajarkan di sekolah-sekolah.
qMelakukan kontrol dalam bidang sosial, budaya, dan ekonomi.
qMenangkap dan memenjarakan tokoh-tokoh anti-Nazi dalam kamp konsentrasi.
qMemperkuat militer sehingga Jerman tampil sebagai kekuatan yang berpengaruh pada tahun 1930-an.
 Russia
 
qKeikutsertaan Rusia dalam PD I membawa imperium tersebut ke dalam krisis multidimensional. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh golongan komunis untuk mengambilalih kekuasaan.
qKaum Bholsevick mengambilalih kekuasaan melalui kudeta pada tanggal 25 Oktober 1917 yang mengakhiri kekuasaan pemerintah sementara.
qDibentuk pemerintah baru yang dikenal dengan Soviet Komisaris Rakyat yang diketuai oleh Lenin (kepala negara) dan komite sentral yang diketuai Lev Kamenev (kepala pemerintahan).
Pembentukan Uni Soviet
qPada Desember 1922 dibentuk Uni Soviet yang merupa-kan federasi Rusia dan negara-negara tetangganya di Eropa Timur dan Asia Tengah.
qPemerintah baru segera melaksanakan pembangunan ekonomi dengan program 5 Year Plan (Pelita).
qMelaksanakan reformasi dan militerisasi sehingga Rusia sebagai pemimpin Uni Soviet tumbuh menjadi bangsa yang kuat dan disegani.
qNaiknya Stalin yang menggantikan Lenin semakin meningkatkan pamor negara tersebut di mata dunia.
 
 The Rise of Mussollini
 
qPasca PD I Italia mengalami keterpurukan ekonomi seperti inflasi, naiknya harga bahan makanan, dan lain-lain.
qTerjadi pemogokan kaum buruh dan petani sehingga menimbulkan situasi chaostik.
qBlack Shirts (organisasi paramiliter Fascist) menawarkan diri sebagai pemecah pemogokan untuk menarik simpati kaum industrialis dan tuan tanah.
qDalam pemilu tahun 1921 kaum Fasicst, termasuk Mussollini  berhasil masuk dalam parlemen.
qOktober 1922 Mussollini mengancam akan mengerahkan pasukan ke Roma bila tidak diberi kesempatan memben-tuk kabinet, Victor Emmanuel mengabulkan tuntutan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar