Senin, 09 Januari 2012

REVOLUSI INDUSTRI

inggris merupakan pelopor industrialisasi di dunia. adanya revoluis diawali dengan evolusi. misalnya: Revolusi Intelektual, Revolusi Industri, revolusi Politik, revolusi Sosial dll.
Sebab revolusi Indusrti Terajadi di Inggris
a. Segi Geografis
Inggris yang telah terpisah dengan continent Eropa menyebabkan Inggris tidak banyak terpengaruh oleh pergolakan politik yang terjadi di continent Eropa. dari segi politik Inggris tetap menyatu dengan continent eropa. dengan terpisahnya deretan Inggris dengan Eropa, Inggris dapat menjaga stabilitas keamanan dalam negeri. dalam situasi yang aman ini pemerintah dan rakyat mampu berkonsentrasi untuk memajukan Inggris diberbagai bidang dalam situasi yang aman. Inggris memungkinkan untuk memperhatikan kemajuan negaranya.
b. Perang 100 tahun
sejak perang 100 tahun, Inggris telah melepaskan hubungan ekonomi, politik dengan Perancis sebagai induknya dahulu. Inggris menggali potensi dan sumber daaya yang dimilki serta merintis membuka kontak dagang dengan luar Perancis secara langsung. misalnya :dengan Rusiia-->membuka perjanjian dagang, dengan Turki, Spanyol dll.
dengan kemandirian ekonomi Inggris cepat melesat melebihi Perancis. dapat di deteksi dengan munculnya perwakilan-perwakilan dagang Inggris di luar negeri dan berkembangnya gilda-gilda di dalam negeri (GILDA adlah organisasi yang mengatur mengenai kebutuhan kerja kelompok. hubungan luar di atur dengan baik, tidak ada persaingan). menjadikan barang-barang di Inggris sangat digemari oleh orang-orang Eropa dan Asia. menuntut para pengusaha Inggris untuk meningkatkan industri lokalnya
c. Eksport terus meningkat
ekspor barang-batang perdagangan atau industry Inggris terus meningkat secara otomatis mendukung membengkaknya kebutuhan buruh. namun demikian tidak dapat memnuhi tuntutan barang-barang ekspor. muncullah ide untuk menciptakan teknik tepat guna dalam bidamng industri. segeralah direalisasikan kerjsama antara para ahli IPTEK denga para kapitalis di Inggris.
untuk menemukan mesin baru diperlukan uang yang cukup besar, yang uangnya dimilki oleh para kapitalis. wujud kerjasama pemilik modal dan teknokrat, memunculkan gagasan untuk menemukan mesin-mesin baru.
Latar Belakang Revolusi Industri
1. abad tengah telah melahirkan tuan-tuan tanah yang kemudian menjelma menjadi kapitalis dan banker-banker besar. negara, jika mempunyai keperluan pinjam kepada banker kapitalis, banker erat sekali kerjasamanya yang menentukan perekonomian negara.
2. pasca abad tengan perdagangan di Eropa khususnya Inggris telah menginternasional. kemajuan pemerintah Inggris banyak ditentukan oleh kelompok dagang. sehingga keinginan mereka untuk melakukan uji coba teknologi diijinkan oleh pemerintah
3. eksplorasi yang dilakukan oleh Inggris telah memperlancar dan bahkan mempercepat laju perdagangan Inggris yang kemudian menjelma menjadi bentuk kolonialisme (eksplorasi perdagangan-kolonialisme, karena tuntutan kolonialisme ini pula Inggris harus segera menemuka teknologi baru untuk mendukung kolonialisme).
dengan ketiga alasan itu maka situasi di Inggris di pacu untuk segera memulai industry baru.
REALISASI
pada umumnya industripemula itu, dimulai pada bidang tekstil. dengan mulai ditemukan mesin-mesin utnuk memproduksi tekstil maka sejak pertengahan abad ke-18, tekstil Inggris telah melimpah. ketika produk tekstil melimpah, dalam membawa hasil produksinya tenaga hewan dan manusia sudah tidak memenuhi syarat, oelh sebab itu di ciptakan kereta api.
pada sekitar 1780-1750-an mulai ditemukan produksi mesin-mesin industri berat yang menggunakan tenaga uap. sehingga dengan penemuan ini Inggris menjadi negara nomor satu di Eropa yang menguasai teknologi bidang industri.
pertengahan abad ke-19, negara-negara continent Eropa meminta kepada Inggris agar boleh mengimport tekhnologi itu. pada abad ke-19, industri Inggris telah masuk ke continent Eropa, mulalah revolusi Industri de=i negara Belanda, Rusia, Perancis, dll. saat itu di Indonesia muali diidrikan pabrik gula guna memenuhi kebutuhan Belanda sebagai pemilik Indonesia.
Dampak Revolusi Industri
a. bidang ekonomi
sejak terjadi industrialisasi secara makro maka sistem kapitalis berlaku umum bagi negara-negara Eropa. akhirnya, pemilik kapital mengeksploitasi baruh untuk mencari barang dagangan eksport Internasioanal
b.bidang Sosial-politik
budak dan buruh yang menjadi tenaga kerja inti di pabrik kemudian tersingkir, karena masuknya mesin-mesin baru. sebagian mereka telah menjadi penganggur yang kemudian dilempar ke daerah-daerah koloni sebagai tangan para kapitalis di sana. sedang yang masih di dalam negeri menampakkan gap yang semakin menyolok antara kelompok elite (kapitalis0 dengan kelompok bawah (buruh). kesenjangan yang semakin mendalam ini memunculkan pemikiran baru bagi kelompok Humanis untuk melakukan ideologi baru dalam rangka membela kaum tertindas dan lahirlah paham sosialis di Inggris.
salah satu tokohnya adalah ROBERT OWEN. seorang pengusaha, pemilik pabrik yang bervisi humanis. untuk menjembatani gap tersebut robert Owen memberikan pabriknya kepada buruh untuk dikuasai dan hasilnya dibagi rata oleh buruh. persoalan ini segera memunculkan berbagai gejolak di Inggris, akrena kemudan tyerjadi pemberontakan kaum buruh.
sebelum menggoncangkan, pemerintah berhasil meredam dengan membuat peraturan upah buruh. dengan standarisai buruh yang ideal kebeutuha terpenuhi, gejolak buruh mereda. akibatnya paham sosialisme di Inggris iktu mereda
c. bidang militer 
akibat semua negara Eropa telah memiliki industri maju,perdagangan mereka telah menginternasional,mereka telah memiliki koloni di luar negeri. terjadilah persaingan dagang di tingkat regional Eropa maupun ditingkat dunia. persaingan dagang menimbulkan konflik, terjadilah perang (misal: perang dunia antara triple etente dengan triple alians)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar