Senin, 09 Januari 2012

MACEDONIA


Sebuah kerajaan kecil yang berada di utara yunani dan termasuk wilayah balkan. Macedonia adalah kerajaan di eropa I yang bisa menggabungkan 3 wilayah besar (eropa, asia, Afrika utara). Penggabungan eropa-asia dengan segala peradabannya berpengaruh besar terhadap perkembangan umat di kedua tempat tersebut. Peradaban tersebut dinamakan Hellenisme. Muncul generasi baru campuran timur barat, muncul sastra, seni, tehnologi yang baru dan sebagainya.
I.Pra Imperium
1.  berdiri pada abad macedonia berdiri pada abad 6 SM.  Pada akhir abad 6 SM wilayah tersebut dikuasai parsi dan digunakan sebagai posko penaklukan kawasan balkan.
2.  pasca perang yunani parsi, posisi parsi melemah maka tahun 460 – 459 SM macedonia berhasil melepaskan diri dari parsi kemudian melakukan pembangunan dengan mencontoh model athena degan mengembangkan AL, niaga, sistem pemerintahan sehingga macedonia kecil dapat berkembang dan menguasai wilayah hingga perbatasan yunani.
3.  ketika terjadi perang Pelloponesos dan berdampak pada kemerosotan yunani, maka macedonia melakukan ekspansi ke yunani utara tahun 400 SM muncul sebagai kerajaan terkuat di yunani utara.
4.  pasca perang pelloponesos, macedonia dibawah pimpinan Phillippus segera menyerbu yunani dan dapat menguasai ditandai dengan perjanjian Corintia tahun ##* SM yang berisi :
a.       Pemerintahan Polis boleh berlangsung terus dibawah kendali Macedonia
b.      Perang antar polis dilarang segala perselisihan antar polis ditanganioleh macedonia, hubungan polis keluar diatur oleh macedonia.
c.       Segera dibentuk liga militer bersama untuk menghadapi Parsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar