Senin, 09 Januari 2012

absolutisme

absolutisme adalah suatu model pemerintahan yang kekuasaan tunggalnya di pegang oleh pemimpin atau kerajaan, dan dilakukan secara absolute otorirer.
pemahaman pemerintah yang berada di bawah satu tangan dengan kekuasaaan mutlak. kekuasaan tidak terbatas karena konstitusi yang diciptakan adalah ciptaan penguasa tersebut. pemerintahan ini berlangsung antara abad 16-18
LATAR BELAKANG
runtuhnya feodalisme menyebabkan status bangsawan dan gerejawan merosot. sementara itu status militer naik, karena dampak perang feodal. ketika feodal jaya yang paling beruntung kelompok bangsawan dan gerejawan. sewaktu feodal runtuh status gerejawan dan bangsawan otomatis ikut runtuh juga. militer otomatis naik, kelas militer ditarik oleh penguasa sebagai pembantu dekatnya, karen apada masa itu dalam situasi pembaharuan secara global (abad 15) dibidang ekonomi, tekhnologi, tata negaraan, budaya, ilmu pengetahuan dan lain-lain.
pasca feodalisme kemudian ditentukan konstitusi baku sebagai landasan pemerintahan. meskipun gambaran rumusan telah menghasilkan temuan-temuan baru dibidang pemerintahan dan ketatanegaraan dengan landasan konstitusi dan parlemen, tetapi kesemuanaya itu belum dapat dilaksanakan. pada saat itulah terjadi kekosongan landasan pemerintahan. raja atau penguasa ternyata mampu memanfaatakan kesempatan tersebut tampil kedepan dengan dukungna militer dan membuat konstitusi baru (konstitusi absloutisme). dalam situasi kaca dalam abad ini raja mengambil kesempatan dengan dukungan militer. dengan sistem baru tersebaut mulailah sistem feodal berlangsung di eropa. dalam panggung sejarah di eropa ada dua negara terkenal dan tertua yang memulai tradisi absolute yaitu Inggris dan Perancis.
Inggris
pisahnya Inggris dengan Eropa pada  perang 100 tahun, mengakibatkan Inggris harus menghidupi dirinya sendiri, sehingga sumber kekayaan Inggris harus diagali. Perang Mawar telah melahirkan kerajaan nasional di Inggris. Konstitusi dan kemandirian Inggris menyebabkan munculnya ide tentang pemerintahan tunggal.
dimulai ketika JAMES I naik tahta telah dipersiapkan konstitusi yang mengarah kepada pemerintahan tunggal. dengan diakuinaya konstitusi tersebut, maka pemerintahan JAmes I telah disebut sebagai pemerintahan aboslute. sekaligus dia sebagai peletak dasar p[emerintahan absolute. ketika ia diganti oleh CHARLES I, kehidupan absolute di Inggris semakin kuat dan ketika pemerintahan dipegan oleh James II, absolute di Inggris mencapai puncaknya. bersamaan dengan puncak absolutisme itu ternyata gerakan revolusi Liberal telah di mulai di Inggris dengan munculnya kelompok cendikiawan, ilmuan, teknokrat, kapitalin. dengan dukungan rakyat yang nati pemerintahan absolute segera terjadi antiklimaks dalam sistem pemerintahan absolutisme di Inggris. yakni terjadinya Gloriun Revolution 1689, yakni revolusi yang dilakukan olah para uskup (elit gereja), bersama-sama dengan parlemen yang menuntut agar raja turun tahta. gerakan akan mengganti konstitusi yang telah ada dengan konstitusi baru yang menjamin kebebasan seluruh warga negara.
pada dasarnya pemerintahan absolutisme tidak ada hak warga negara. prakteknya dalam pemerinthaan di Inggris akan terjadi penindasan, pemerasan, eksploitasi kepada seluruh rakyat oleh penguasa, dengan munculnya konstitusi baru ini di jamin hak-hak dan kewajibannya. dengan glorius revolution raja atau penguasa harus menaati peraturan-peraturan atau konstitusi, kekuasaan berada di tangan rakyat, raja atau penguasa ataupun parlemen sebagai pelaksana.
pasca Glorius Revolution, Inggris dipegang oleh Raja William dari dinasti orang-orang yang berada dibawah konsitusi Inggris. sejak itu Inggris mengalami kemajuan yang luar biasa di berbagai bidang karena jaminan konstitusi. sejak itu Inggris mensponsori sebagai negara terjamu di Eropa.
PERANCIS
pasca feodalisme Perancis mengalami sistem pemerintahan baru, yakni munculnya Perdana Menteri sebagai kawan kerja Raja. ketika pemerintahan di awali olah LOUIS XIII dan Perdana Menteri Richeliu, pada saat itu telah diletakkan dasar-dasar pemerintahan Perancis yang mengharap pada pemerintahan yang absolutisme.
Pengganti LOUIS XIII adalah LOUIS XIV didampingin Perdana Menteri Mazarin, saat ini merupakan penyempurnaan konstitusi. namun sejak Mazarin meninggal, louis XIV segera mengmbil alih seluruh kekuasaan pemerintahan dengan landasan pemerintahan absolutisme yang telaha da, terciptalah pemerintahan absolute di Perancis langsung ke puncak.
Louis XIII meletakkan dasar absolutisme. pada pemerintahan louis XIV puncak absolutisme di Perancis mencapai puncaknya. Louis XIV mulai menguatkan kelompok oposisi terutama dari golongan cendikawan Perancis. dari kelompok oposisi inilah segera diluncurkan berbagai tulisan mengkritik terhadap pemerintahan Louis XV. sehingga eksistensi raja mulai merosot. ada semboyan "L'etat Cest Moi" (negara adalah saya). pada saat Louis memerintah, ini adalah pedomannya. karena mampu mepertahankan pemerintahan untuk mempertahankan status quo.
posisi oposisi memperoleh angin segar, yang mendapat dukungan dari bawah. ketika Louis XV diganti Louis XVI pada saat ini yang tampil di Perancis adalah kehancuran ekonomi, politik dan hukum. akibatnya oposis semakin besar, terjadilah revolusi Perancis tahun 1789. absolutisme Perancis dimulai dari Louis XII sampai Louis XVI.
Perancis dan Inggris merupakan cermin absolutisme di Eropa. Perancis mencapai puncak pada pemerintahan Louis XIV, Inggris pada masa James II
RUSIA
sesudah pemerinthaan absolute berlangsung di Inggris dan Perancis, cara atau model ini segera menyebar ke selurub Eropa. Rusia sebagai negara besar dikawasan Timur segera mengadopsi model pemerintahan tersebut dan mencapai puncaknya pada pemerintahan KATARINA II dan PETER II dan diikuti oelh kaisar-kaisar berikutnya samapai dnegan masa NICOLAS II.
AUSTRIA
absolutisme di Austria mencapai puncaknya pada masa Charles IV
PRUSIA
pemerintahan absolutisme diawali oleh Frederick William dan mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Frederick William I. pada saat yang bersamaan model tersebut telah global diikuti hampir diseluruh kerajaan-kerajaan Eropa
Dampak Absolutisme
pemerintahan absolutisme telah memunculkan gerakan di seluruh eropa, yakni berupa gerakan revolusi yang menghendaki pergantian penguasa sekaligus pergantian konstitusi yang dapat menjamin hak-hak warga negara, sekaligus dapat melakukan tugas pemerintahan sebagai mandataris rakyat. gerakan ini disebut dengan Gerakan Revolusi Liberal

3 komentar: